Tuesday, November 13, 2018

Kuliner Enak Yang Wajib di Coba di Banda aceh ala Impian Seorang Traveler

Posted by Viilast on November 13, 2018 in , , , , , , , | No comments
Assalamualaikum man teman..
Kurang lengkap rasanya ke Aceh kalo ga mencicipi kulinernya. Gue udah bahas beberapa tempat wisata yang begitu indah, cita-cita Impian Seorang Travel yang di ceritakan di blog berjudul Cerita Impian Seorang Traveler Wisata Yang Wajib di Kunjungi Di Kota Banda Aceh.

Untuk man teman ingin merasakan suasana tenang dan tentram tentu bisa menikmati suara desiran ombak yang berada di Indahnya Sabang Menjadi Perjalanan Impian Seorang Traveler.

Di sini gue akan menginformasikan dari pencarian google makanan apa aja sih ya kann yang wajib dicicip ketika man teman berada di Aceh. Siap-siap dibuat ngiler dan butuh waktu untuk merasakan kenikmatan ini bagi yang hanya membaca dan melihat gambarnya.

Untuk itu banyak-banyak berdoa siapa tau atas ijin Allah mungkin sekarang hanya bisa membayangkan saja tapi suatu saat bisa ke Aceh dan menjadi kenyataan aamiin. ok lets see

1. Mie Razali 
Sumber Google

Dari tampilannya saja sudah menggoda ya ga sih? apalagi merasakan kenikmatan suapan pertama menyentuh lidah rasa manis, pedas bercampur jadi satu haha awas jangan ngiler.. Terletak di Jl Panglima Polem No 83-85, Peunayong, Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

Pecinta kuliner wajib mencicipi Mie Aceh yang satu ini merupakan makanan favorit di Aceh. Untuk harga mulai dari Rp 12.000,- hingga Rp 50.000,- tergantung dari isi Mie Aceh seperti isi udang, cumi, kepiting dan lain-lain. Harga sewaktu-waktu bisa berubah. Benar kata orang-orang 'harga ga pernah bohong' enak bangett..

Kenapa gue bilang enak banget, waktu kemarin di Aceh gue mampir ke Mie Razali dan saat itu sekitar pukul 19.30 WIB.  Kira gue tempatnya udah tutup karena separuh rolling door seperti warung mau ditutup.

Ternyata cerita dari abang supir yang mengantarkan bilang jika adzan magrib semua warung yang berada di Aceh tutup sementara. Jika memaksakan tetap dibuka maka perijinan perdagangannya akan dicabut alias ga boleh dagang lagi.

Wow masyaallah bener-bener udah seperti di mekah, gue baru tau setelah dengar cerita tersebut. Perlahan gue masuk ternyata ramai yang lagi pada makan, gue aja kebagian di lantai 2 karena lantai satu penuh banget. Gue tetap berpikir positif kalau ramai berarti makanan ini enak bangett.

Sekitar ada enam orang kami melihat menu dan memesan makanan yang disediakan. Untuk yang mau makan di tempat ini harus sabar menunggu sekitar setengah jam makanan kami baru datang.

Kata-kata yang tepat saat itu adalah orang yang sabar akan indah pada waktunya. Kenikmatannya jangan ditanya maknyus top markotop dah mie aceh paling enak yang pernah gue coba. Kalo bisa dibungkus bawa pulang ke Lampung udah gue bawa disayangkan ga bisa jadi kaga jadi haha..

2. Ayam Tangkap
Sumber Google

Sepertinya biasa aja kalau dilihat, kalau bahasa gaulnya sih 'don't judge by the cover'. ini makanan khas aceh yang perlu usaha dulu kalau mau makan harus ditangkap #apasih haha. Untuk bisa merasakannya man teman bisa datang ke Warung Nasi Hasan, Tempatnya terletak di Jalan Laksamana Malahayati, Lamnyong, Banda Aceh.

Berbagai makanan menu khas Aceh ada disini mulai dari Sie Kameng Masak Aceh ( Kari Kambing Khas Aceh), ayam tangkap, ayam panas dan lain-lain bermacam-macam sambal juga tersedia. Harga per paketnya sekitar Rp 60.000,- per ekor bisa dinikmati 4-5 orang.

Gue baru sadar ternyata pertama kali ke Aceh dan makan siangnya di Warung Makan Hasan yang terkenal dengan masakan khas Aceh haha. Tampilan tempat biasa banget berbentuk rumah panggung suasananya agak sepi bukan seperti tempat yang banyak dikunjungi.

Lagi-lagi gue belajar jangan pernah lihat dari penampilan merasakan dulu baru tau hasilnya. Kesan gue pertama ini makanan apa sih kok banyak daunnya, setelah gue cicipi pertama gurih daunnya kaya krispi gitu tebakan gue ini daun kemangi ternyata bukan namanya daun temurui.

Yang awalnya ga suka jadi ketagihan haha gue makan ayam tangkap abis banyak antara kelaparan atau memang rasanya bikin ketagihan. Man teman harus coba makanan yang satu ini kalau gue lebih suka ayam tangkapnya dibandingkan kari kambingnya mungkin karena lidah kita sudah terbiasa makanan daerah sendiri jadi untuk bumbunya kurang suka, tapi selera orang beda-beda hehe.

3. Sate Matang
Sumber Google

Bumbu rempah-rempah yang begitu kental dengan daging sapi yang membuat kenikmatan dalam merasakan sate matang sudah tidak diragukan lagi. Tempat kuliner yang sudah sangat terkenal ini dinamakan sate Matang Dek Wan.

Berada di Jalan Teungku Imum Lungbata, Banda Aceh. Sajian sate yang satu ini nampak beda dengan yang lainnya. Sate matang disajikan dalam potongan yang cukup besar bersama nasi. Tak ada lontong atau ketupat, sate matang juga disajikan bersama kuah kaldu yang isinya juga potongan daging beserta tulang-tulangnya ini yang membedakan dari tempat lain.

Gue cuma nulis blog tentang sate matang ini rasanya buat ngiler bangett. Kemarin waktu gue di Aceh ga sempat merasakan sate matang ini karena waktu sudah terlalu mepet untuk melakukan aktivitas yang lain.

Jangan terlalu diresapi bacanya nanti man teman ngiler lagi haha. Memang kalau sudah ada bumbu-bumbu kacang seperti ini kalau dicampur dengan nasi duh rasanya bikin mak nyus.

Jangan sampai ga mencoba kuliner yang satu ini nanti nyesel kaya gue nih haha tapi yasudahlah semoga aja ada kesempatan untuk merasakan sate matang ini untuk harga sekitar Rp 30.000,- an.

4. Banda Seafood Express
Sumber Google
Bagi pecinta kuliner yang menggemari seafood tempat ini cocok banget buat man teman. Harganya yang terjangkau tidak terlalu mahal bisa menikmati olahan yang kaya akan bumbu. Tempat kuliner yang satu ini berada dijalan H. Murthala Kuta Alam No 19 Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

Untuk jam buka dari pukul 10.00 - 00.00 WIB ini salah satu seafood terenak yang berada di Kota Banda Aceh. Harga berbagai macam jenis untuk sejumlah masakan ada harga paket (nasi putih, sayur, ayam panyet) Rp 10.000/porsi dan olahan seafood yang membuat ketagihan.

Man teman sekali lagi ini blog tentang impian seorang traveler yang bercita-cita bisa keliling Indonesia bahkan Luar Negeri berharap keinginannya tercapai. So, jika ada informasi yang kurang atau tidak sesuai boleh komen dan beri saran serta kritik boleh juga ajak mimin jalan-jalan haha.. semoga blog ini bisa bermanfaat untuk memudahkan teman-teman mencari informasi seputaran kuliner yang berada di Banda Aceh.

Sumber Referensi
1. Mie Razali
www.idntimes.com
2. Ayam Tangkap
www.tripjalanjalan.com
3. Sate Matang
www.Halomuda.com
4. Banda Seafood Express
www.aceh.tribunnews.com

0 comments:

Post a Comment